-->

Penyebab dan Gejala Depresi yang Harus Anda Ketahui

Penyebab dan Gejala Depresi yang Harus Anda Ketahui

Penyebab dan Gejala Depresi – mendengar kata depresi mungkin anda sudah tidak asing lagi. Namun, walaupun tidak asing, salah satu dari anda juga ada yang masih belum tahu tentang pengertian depresi. Depresi adalah suatu keadaan seseorang yang lebih parah daripada dari suatu keadaan sedih. Memang munculnya depresi ini didahului oleh rasa sedih yang berlebihan, terlebih dahulu. Depresi ini dapat mempengaruhi energi, tubuh, konsentrasi, pikiran, sosial dan masih banyak lagi. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas tentang penyebab dan gejala dari depresi, biaklah langsung saja kita mulai dari penyebab depresi.

Penyebab dan Gejala Depresi yang Harus Anda Ketahui


Penyebab depresi
Secara ilmiah penyebab depresi ini dibedakan menjadi tiga, apa saja itu? Berikut ini pembahasannya.
  • Faktor organobiologis : karena faktor ketidakseimbangan neutrotransmiter di otak, terutama serotonin yang mempengaruhi mood, semangat dan lain – lain.
  • Faktor psikologis : yaitu faktor yang menimbulkan depresi karena tekanan beban pada psikis anda.
  • Faktor sosio-lingkungan : faktor yang menyebabkan depresi karena lingkungan sosial anda berada, misalnya saja kehilangan pekerjaan, pasca bencana dan kehilangan pasangan hidup.

Itulah pembagian faktor penyebab depresi secara ilmiah, ada juga faktor yang lainnya. Untuk lebih paham silahkan simak sedikit pembahasan berikut ini.

Kepribadian yang rapuh
Setiap manusia pastinya pernah mengalami depresi, sedih ataupun stress berat, namun hal tersebut sulit untuk diluapkan. Depresi yang dialami oleh seseorang ternyata timbul karena kepribadian orang tersebut yang sangat rapuh. Sehingga saat dia sedang gagal, kehilangan atau lainnya maka dia mudah sekali depresi.

Kemarahan yang tertahan di hati
Mungkin tak ada manusia didunia ini yang tidak pernah marah, hanya saja pengungkapan rasa marah dari setiap orang tersebut berbeda – beda. Wanita cenderung untuk menyimpan rasa marah tersebut daripada meluapkannya dengan emosi. Kemarahan yang tertahan tersebut justru malah yang dapat menyebabkan stress berlebih dan juga depresi.

Kejadian yang menimpanya
Depresi juga terbelakangi oleh suatu kejadian yang menimpanya. Jika kejadian tersebut sangat buruk bagi dirinya, kemungkinan besar orang tersebut akan mengalami depresi. Kita ambil contoh saja misalnya seorang pasien yang mengetahui bahwa dirinya divonis mengidap suatu pemyakit kronis yang sulit untuk disembuhkan atau caleg yang gagal menjadi anggota legislatif padahal dia sudah mengeluarkan banyak uang untuk berkampanye.

Kurang tidur
Ternyata masalah kurang tidur ini juga tidak boleh kita sepelekan. Kurang tidur juga dapat menyebakan seseorang depresi. Saat seseorang kekurangan waktu tidur, maka dapat mengurangi korehensi gelombang dalam otak. Hal inilah yang dapat memicu terjadinya depresi.

Tekanan pada diri
Depresi juga bisa terjadi jika seseorang terlalu banyak tekanan. Kita ambil contoh saja seorang atlit pemula yang masih bersekolah. Saat latihan dia dituntut untuk maksimal dan saat ada sebuah turnamen dia harus berhasil menjadi juaranya. Belum lagi tugas yang menumpuk yang harus diselesaikan dan harus mendapat nilai yang bagus pada saat ulangan. Tekanan seperti inilah yang dapat membuat seseorang menjadi depresi
Lalu bagaimana anda dapat mengenali seseorang yang sedang depresi atau tidak. Untuk mengetahui kita terlebih dahulu harus mengetahui bagaimana gejala – gejala seseorang yang sedang depresi. Berikut ini adalah sedikit ulasan tentang gejala – gejala depresi.

Malas melakukan suatu hal
Salah satu gejala dari seseorang yang sedang depresi adalah tidak adanya perkembangan dari orang tersebut. Ketidakadaan perkembangan tersebut bisa kita ketahui saat orang tersebut malas untuk melakukan suatu hal, terutama untuk hal yang baru. Kalaupun orang tersebut masih mau melakukannya, pasti terihat di raut mukanya tidak menikmati aktivitas tersebut.

Nangis secara mendadak
Menangis adalah salah satu indikator emosi seseorang. Menangis biasanya terjadi ketika sesorang tersebut sedang marah. Nah, jika anda menemui seseorang dalam keadaan baik  baik saja namun kemudian menangis secara tiba – tiba, itu juga tanda seseorang sedang depresi. Biasanya saat – saat seperti ini, jika ada masalah kecil saja, orang tersebut akan langsung menangis untuk meluapkan emosinya.

Lebih sering tidur
Saat sedang depresi biasanya seseorang akan menghabisan waktunya dengan tidur. Hal ini dilakukan karena ia sangat malas untuk melakukan aktivitas lain selain  tidur. Tidur ini merupakan pelampiasn atas kesedihan orang tersebut.

Mudah marah
Seseorang yang sedang depresi akan merasa mudah marah, frustasi dan lelah sepanjang waktu. Hal – hal kecil yang sepele juga isa membuat orang tersebut marah, bahkan terkadang ia akan marah dan kesal secara tiba – tiba tanpa adanya alasan yang jelas. Jika anda menemui orang seperti ini, itu berarti tandanya orang tersebut sedang marah.
  • Rasa bersalah dan tak berdaya.
  • Tidak dapat tidur dengan nyenyak.
  • Turunnya berat badan secara drastic dalam dua minggu, bahkan kurang dari dua minggu.
  • Cenderung suka merenung sendirian daripada curhat dengan teman atau keluarganya.
Baca jugaCara Mengobati Keputihan Secara Alami dan Sudah Terbukti Ampuh


Mugkin itu saja yang dapat saya sampaikan kaitannya dengan penyebab dan gejala depresi. Mungkin ada beberapa gejala dan penyebab depresi lainnya yang belum sempat saya cantumkan diatas, maka dari itu saya mohon kepada anda untuk menuliskannya pada kolom komentar. Sekian dulu dari saya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. 

loading...

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments