Cara Mudah Mencegah dan Mengatasi Depresi

Cara Mudah Mencegah dan Mengatasi Depresi

Cara Mudah Mencegah dan Mengatasi Depresi  – setelah pada postingan sebelumnya saya sudah menjelaskan sedikit tentang pengertian dan juga penyebab depresi, kali ini saya akan coba menjelaskan beberapa cara untuk mengatasi depresi yang sudah terbukti ampuh. Seperti yang sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya, gangguan yang datang tak diundang ini dapat menyerang siapa saja, tidak hanya kalangan orang penting saja, masyarakat biasapun juga dapat mengalami depresi. 

Depresi dan Tips Ampuh Mengatasi Depresi


Mengenai cara mengatasi depresi sendiri, sudah banyak orang yang bertanya – Tanya apakah depresi ini bisa disembuhakan? Kalau bisa bagaimana cara ampuh, tepat dan cepat untuk mengatasinya? Jawabannya, depresi ini bisa disembuhkan. Untuk cara mengatasi marilah kita simak sedikti pemahasan berikut ini.

A. Perilaku yang Dapat Mengatasi Depresi


1. Tertawa

Salah satu penyebab depresi ini adalah marah atau keinginan yang tidak tercapai dan terus disimpan dihati. Untuk itu cobalah anda mengajak seseorang yang sedang depresi tersebut tertawa. Menurut beberapa sumber penelitian tertawa ini dapat membuat perasaan seseorang menjadi lebih baik.  Ada banyak cara agar anda bisa tertawa, misalnya saja dengan menonton komedi atau hal lainnya yang bisa membuat anda tertawa.

2. Relaksasi

Penyebab lain dari depresi ini adalah kesibukan anda yang over dan juga tekanan dari banyak pihak terhadap anda. Untuk itu cobalah lakukan relaksasi untuk mengatasi depresi ini. Dengan relaksasi maka anda akan lebih merasa lebih santai dan jauh dari tekanan. Tips ini sangat ampuh sekali untuk mengatasi depresi pada diri anda.

3. Berpikir positif

Depresi juga timbul saat kita pesimitis dan berpikir negatif terhadap impian dan juga aktivitas atau pekerjaan anda. Maka dari itu berpikirlah positif terhadap setiap hal yang anda lakukan, walaupun dalam hal tersebut terdapat sedikit kesalahan. Anggaplah kesalahan tersebut adalah takdir dari tuhan agar kita bisa lebih baik lagi kedepannya. Penting juga, dari kesalahan tersebut ambilah hikmahnya agar dikemudian hari tidak terulang kembali.

4. Curhat

Depresi juga kadang muncul jika anda ingin mengungkapkan sesuatu kepada orang lain namun terus anda pendam karena tidak ada tempat untuk mencurahkannya. Maka dari itu cobalah anda mengungkapkan setiap masalah tersebut dengan orang terdekat anda, misalnya saja kepada keluarga atau sahabat anda. Dengan begitu anda berarti sudah membuang sampah yang anda simpan ditubuh anda. Namun perlu diingat juga, jangan terlalu menceritakan semua rahasia anda terhadap sahabat anda, mengapa? Karena jika anda dan sahabat anda berjauhan karena suatu masalah, maka sahabat anda tadi malah bisa mengumbar segala rahasia anda.

5. Melakukan sesuatu dengan senang dan menerima kekurangan diri

Depresi ini juga akan timbul jika anda melakukan sesuatu dengan tidak ikhlas dan tidak dengan senang. Aktivitas yang seharusnya bisa menjadi penyenang bagi anda, namun jika anda tidak menikmatinya dan setengah marah, maka depresipun akan menghampiri anda. 
Selain itu terimalah setiap kemontar yang menimpa pada diri kita. Misal saja anda seseorang yang ada menilai kalau anda ini kurang cantik, terima saja komentar tersebut. Jangan terlalu dipikirkan, toh ini adalah salah satu nikmat dari tuhan.

6. Bercinta dengan pasangan anda

Jika anda sudah meningkah, maka bercinta dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi depresi. Menurut beberapa orang, bercinta dapat mengembalikan mood anda. Untuk itu jangan tunda agenda bercinta dengan pasangan anda, walaupun anda dalam keadaan depresi. Lalu mengapa bercinta ini mampu mengembalikan mood? Karena saat anda melakukan foreplay dalam bercinta, maka otak anda akan menerima dopamine, sehingga mood anda pun bertambah kembali.

B. Makanan Untuk Mengatasi Depresi


1. Makan coklat

Beberapa penelitian mengatakan bahwa memakan coklat dapat membuat mood anda kembali lagi. Hal ini sejalan dengan penelitiam ilmiah, kerana ternyata didalam coklat terkandung phenylethylamine dan juga antioksidan dapat menjaga tekanan darah dan dopamine anda tetap stabil. Namun untuk coklat ini, disarankan untuk mengkonsmsi coklat yang 70% masih mengandung cocoa.

2. Makan ubi jalar

Mungkin bagi anda yang tergolong masyarakat kelas atas, cukup tidak nafsu untuk memakan tanaman yang satu ini. Walaupun makanan yang satu ini harganya murah, namun jangan diragukan lagi manfaatnya. Terutama bagi ubi jalar yang berwarna orange dan ungu, mempunyai beta karoten yang cukup tinggi. Sehingga dapat menjaga ketenangan suasana hati anda.

3. Makan tomat ceri

Buah yang satu juga dapat mengatasi depresi anda. Dengan kandungan likopen dan antioksidan yang dimiliki oleh tomat ceri ini, dapat membuat suasana hati anda menjadi tenang. Untuk cara penyajiannya anda dapat dengan membuatnya menjadi jus, salad ataupun sesuai dengan selera penyajian anda.

4. Makan pisang

Buah yang identik dengan warna kuning ini juga dapat membantu mengatasi depresi anda. Kandungan vitamin B pada pisang ini membantu sekali dalam menjaga kesehatan syaraf anda. Anda dapat langsung merasakan manfaat ini saat anda dalam keadaan lelah, kesal, marah, dan tidak bersemangat, setelah makan pisang ini maka anda akan langsung merasa semangat kembali.

Baca juga : Penyebab Depresi dan Gejalanya

Itulah beberapa perilaku dan makanan yang dapat membantu anda untuk megatasi depresi anda. Jika anda masih kurang yakin, cobalah tips diatas saat anda atau teman anda masih depresi. Kurang lebih cukup sekian dari saya, terima kasih suda berkunjung.

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments