-->

Manfaat Jengkol dan Petai Bagi Kesehatan

Manfaat Jengkol dan Petai Bagi Kesehatan

Manfaat Jengkol dan Petai Bagi Kesehatan – mendengar kedua nama tanaman tersebut pasti satu hal yang akan terlintas dibenak kita adalah baunya yang tidak sedap dan sangat menyengat dihidung. Walaupun bau dari kedua tanaman ini tidak sedap namun masih banyak yang menikmatinya. Bahkan menurut mereka para penikmat jengkol dan petai ini, rasanya tidak lengkap jika makan tidak ada lalapan jengkol ataupun petai.

Mungkin bagi sebagian orang, mereka menganggap bahwa petai ini adalah makan untuk masyarakat kelas bawah. Namun itu sungguh 180 derajat berbeda dengan fakta yang sebenarnya, mangapa saya dapat berkata seperti itu? Karena memang harga jengkol dan petai dipasaran ini melebihi harga telur, beras, tempe maupun tahu.

Khasiat Jengkol dan Petai Bagi Kesehatan


Yang lebih menggelikan lagi adalah, banyak anak muda sekarang yang gensi jika disuruh makan jengkol atau petai didepan teman - temannya. Dengan alasan baunya takut tersisa di mulut ataupun saat buang air, anak muda tersebut rela tidak makan makanan yang padahal menjadi menu favoritnya dirumah . baiklah daripada panjang lebar, mending langsung saja kita ke pokok bahasan kita yaitu membahas manfaat jengkol dan petai bagi kesehatan.

Manfaat jengkol Bagi Kesehatan


1. Memperlancar urin

Selain memliki kandungan serat, vitamin, mineral dan asam jengkolat. Ternyata jengkol juga bersifat diuretic, sehingga jengkol ini baik sekali untuk memperlancar pembuangan urin  dan juga sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita jantung koroner. Karena jengkol sangat baik dalam mengatasi masalah pencarnaan, tidak heran jika jengkol ini menduduki  urutan kedua sebagai bahan pelangsing alami setelah buah apel. Bagaimana dengan manfaat yang pertama dari jengkol ini, fantastik bukan?.

2. Mengobati diabetes

Kandungan asam dan mineral yang tinggi dalam jengkol ternayata juga mampu untuk mengobati diabetes. Namun perlu diingat, bahwa kandungan asam jengkolat didalam jengkol ini cukup keras, tidak mudah larut serta berbentuk Kristal. Dengan demikian jengkol juga akan berdampak cukup negatif  jika dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan susah buang air. Hal ini terjadi karean ginjal tidak mampu lagi untuk menyaring asam jengkolat yang sudah melebihi batasnya, maka dari itu jangan terlalu berlebihan untuk mengkonsumsi jengkol, konsumsilah secukupnya saja.

3. Membantu pertumbuhan dan merawat tulang

Sudah kita ketahui salah satu zat yang berperan dalam pertumbuhan dan perawatan tulang adalah kalsium, dan kalsium ini juga bisa anda dapatkan ketika anda mengkonsumsi jengkol. Dengan mengkonsumsi jengkol berarti anda sudah membuat tulang anda menjadi kuat. Untuk orang dewasa sediri, kalsium dibutuhkan guna membantu merawat kesehatan tulang untuk menghindari osteoporosis.

Manfaat Petai Bagi Kesehatan

Tak mau kalah dengan saudaranya, si jengkol, ternyata petaipun mempunyai banyak sekali manfaat yang sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat tersebut, langsung saja kita simak uraian berikut ini.

1. Mengatasi depresi

Petai dapat mengatasi depresi? Mungkin anda akan bingung dan hipotesis jawaban anda adalah justru petai ini akan membuat kita depresi karena baunya. Jika anda berpikiran seperti itu, anda salah besar. Didalam petai ini terdapat kandungan tryptophan, yaitu sejenis protein yang dapat diubah oleh tubuh untuk menjadi serotonin. Serotonin inilah yang nantinya akan membuat anda menjadi relax, mood bertambah dan akan membuat anda lebih bahagia.

2. Mengatasi tekanan darah tinggi

Tanaman yang berwarna hijau ini juga memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi namun rendah garam. Dengan demikian petai ini sangat cocok untuk mengatasi tekanan darah tinggi anda.

3. Mengatasi Sembelit

Sebagai salah satu tanaman yang juga salah satu sayuran, petai ini juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Dengan begitu petai akan memudahkan kembali proses pencernaan dan lainnya yang berkaitan dengan pencernaan.

4. Untuk awet muda

Dengan kandungan yang cukup tinggi petai mampu meregenerasi kulit anda. Ada kabar juga yang menyebutkan bahwa petai dari Indonesia sudah banyak yang diekspor ke Jepang untuk dijadikan sebagai bahan kosmetik dan kecantikan.

5. Mengobati cacingan pada anak – anak

Kandungan sulfur atau belerang yang dikandung petai dapat membantu membuat cacing, terutama cacing kremi didalam tubuh anda menjadi meti dan keluar.







Itulah beberapa manfaat petai dan jengkol untuk kesehatan. Mungkin masih ada juga manfaat lainnya yang sudah anda ketahui dari luar sana, maka dari itu silahkan tulis manfaat tersebut di kolom komentar dibawah ini. Sekain dari saya dan semoga ini bermanfaat bagi anda. 

loading...

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments