Penuhi Gizi Ibu Hamil dengan Menu Makan Sehat ini!

Penuhi Gizi Ibu Hamil dengan Menu Makan Sehat ini!

Penuhi Gizi Ibu Hamil dengan Menu Makan Sehat ini!

Resep Makanan untuk Memenuhi Gizi Ibu Hamil sangatlah diperlukan guna menunjang kebutuhan nutrisi bagi kesehatan janin dan ibu hamil. Setiap individu tentunya membutuhkan makanan dengan gizi yang cukup, sehingga zat gizi mikro ataupun makro dapat tercapai. Tentunya, keseimbangan gizi sangat dibutuhkan berdasarkan kondisi, usia dan juga jenis kelamin. Ibu hamil dengan kandungan gizi yang seimbang adalah langkah awal yang dapat membantu perkembangan janin dalam kandungan. Cara ini adalah cara terbaik yang dapat menjaga perkembangan janin hingga proses persalinan sehingga tidak ada masalah kehamilan yang muncul. 
Berikut ini menu makanan yang dapat memenuhi gizi ibu hamil:


1. Makanan berkarbohidrat (Roti, Seral, Nasi dan Jagung)
Karbohidrat sangatlah penting sebagai zat tenaga yang dapat membantu ibu hamil untuk beraktifitas dengan mudah tanpa merasa mudah letih dan lemas mulai dari nasi putih, jagung, nasi merah, sereal, roti gandum dan masih banyak lagi. Untuk karbohidrat, biasanya dibutuhkan hingga enam piring per hari untuk ibu hamil karena kandungan kalori yang sangat besar dibutuhkan untuk perkembangan janin. 

2. Makanan berprotein (Ikan) 
Sebagai zat pembangun, protein baik hewani atau nabati dapat ditemukan secara mudah pada buah dan juga sayuran. Protein nabati dan hewani harus dikonsumsi dalam porsi yang sama, yakni paling tidak satu kerat per menu makan. Sehingga, setiap hari harus ada tiga kerat protein. Saat ibu hamil kehilangan selera makan di trimester pertama, disarankan untuk mengkonsumsi sedikit demi sedikit namun dalam waktu yang berdekatan. Mengkonsumsi dengan variasi yang berbeda akan membantu mempermudah masuknya makanan. Ikan misalnya memiliki kandungan asam lemak omega 3 dan juga protein guna membentuk otak janin.  Tentunya, ibu hamil harus berhati-hati untuk menghindari kandungan merkuri yang mampu mempengaruhi perkembangan janin. Sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi ikan mentah yang meningkatkan lemak jenuh dalam tubuh. 

3. Makanan bervitamin (Buah dan Sayuran)
Sayuran sangat disarankan bagi ibu hamil yang telah memasuki usia trimester akhir. Sayuran menjadi menu wajib dengan per hari minimal tiga mangkok guna memperlancar pencernaan untuk menghindari masalah wasir dan sembelit yang mulai rentan di usia kehamilan tersebut. Untuk buah-buahan, dapat dikonsumsi sebagai cemilan atau makanan penutup. Dengan kandungan vitamin C dari buah-buahan maka akan membantu penguraian zat besi yang lebih cepat. 

Kandungan vitamin B dapat ditemukan di kacang-kacangan yang juga memiliki asam folat. Hasilnya, makanan ini akan memberikan energi serta meningkatkan daya tahan untuk ibu hamil. Vitamin E juga sangat penting untuk pertumbuhan jaringan, sel dan integrasi sel darah merah dengan mengkonsumsi salad dressing, margarine dan shortening. Minyak kacang serta minyak kulit gandum juga kaya vitamin E. Sedangkan Vitamin K mencegah gangguan pendarahan bayi dengan mengkonsumsi sayur-sayuran berwarna hijau, susu, kol dan hati. Untuk membantu perkembangan fungsi otak dan syaraf dibutuhkan Vitamin B12 seperti ikan, telur, produk olahan susu dan daging. 

4. Air
Untuk menghindari mual, konsumsi air putih yang lebih banyak dan campurkan dengan sari buah tanpa adanya tambahan gula. 

5. Kalsium 
Untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin, kalsium sangatlah dibutuhkan sekaligus untuk melindungi masalah osteoporosis pada ibu hamil. Beberapa makanan adalah sumber kalsium terbaik seperti susu dan juga olahan susu lainnya. Untuk janin, jumlah kalsium yang dibutuhkan adalah 30 gram pada 20 minggu terakhir. Jika janin kekurangan kalsium, maka persedian kalsium di tulang ibu hamil pun ikut terserap yang akan menyebabkan kerapuhan tulang. 

6. Zat besi
Zat besi dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah sehingga dapat meningkat dan akhirya dapat memenuhi kebutuhan janin dan plasenta. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat besi akan mencegah masalah anemia atau kurang darah. Biasanya sangat dianjurkan saat trimester kedua dan ketiga. 

Saat hamil, volume darah akan meningkat hingga 30 persen. Saat kekurangan zat besi, maka akan muncul masalah anemia. Bahkan dapat mengganggu proses persalinan. Zat besi dapat dikonsumsi paling baik diantara waktu makan dengan juz jeruk. Absorbsi zat besi akan berkurang saat minum teh, susu dan juga kopi. Untuk asupan zat besi, konsumsi hati, unggas, ikan, daging merah, kerang, sayuran hijau, sea food dan juga kacang-kacangan. 

Resep Makanan untuk Memenuhi Gizi Ibu Hamil Trimester Pertama 

Menu sarapan: 
1. Jus buah 
2. Nasi goreng 
3. Telur rebus atau mata sapi
4. Susu 

Menu makan siang:
1. Nasi
2. Sayur sop atau sayur bening
3. Tahu atau tempe goreng
4. Buah-buahan 
5. Ikan 

Makan malam: 
1. Nasi
2. Bakwan jagung 
3. Bistik
4. Selada buah
5. Susu (sebelum tidur) 

Nah, itulah beberapa menu dan juga Resep Makanan untuk Memenuhi Gizi Ibu Hamil. Menu dengan variasi berbeda sangatlah penting supaya ibu hamil tidak kehilangan selera makan. 

sumber :
  • http://www.smallcrab.com/kesehatan/865-kebutuhan-zat-nutrisi-bagi-ibu-hamil
  • http://bidanku.com/panduan-makanan-sehat-untuk-ibu-hamil-muda
  • http://bidanku.com/asupan-gizi-seimbang-ibu-hamil

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments