-->

10 Buah Terbaik untuk Ibu Hamil Muda, Agar Janin Tetap Sehat

10 Buah Terbaik untuk Ibu Hamil Muda, Agar Janin Tetap Sehat

RuangSehatku - Saat hamil, Anda akan lebih selektif dalam memilih makanan. Semua itu dilakukan untuk melindungi diri sendiri dan kesehatan bayi yang ada di dalam kandungan. Terlebih lagi jika itu adalah kehamilan pertama. Anda akan memberikan segala yang terbaik dan lebih berhati-hati dalam bertindak. Dalam keadaan ini Anda memerlukan bimbingan dari orang-orang yang sudah berpengalaman misalnya, ibu Anda sendiri. Karena biasanya mereka lebih tahu apa yang harus Anda makan dan apa yang harus dihindari, termasuk dalam memilih buah-buahan.

Buah yang Aman dan Baik untuk Ibu Mengandung


Buah sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. karena buah mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Akan tetapi, tidak semua jenis buah-buahan baik dikonsumsi ibu oleh hamil. Ada beberapa jenis buah-buahan yang jutsru harus dihindari. Sebagian besar wanita khawatir untuk mengkonsumsi buah-buahan seperti pepaya dan nanas karena dianggap berbahaya bagi kehamilan.  Lalu, buah apa saja yang boleh dikonsumsi saat hamil? Untuk mengetahui jawabannya, yuk kita lanjut baca!


1. Manfaat Alpukat Bagi Ibu Hamil 

Manfaat Alpukat Bagi Ibu Hamil
Buah alpukat atau avocado, merupakan buah yang berasal dari Amerika tengah dan Meksiko. Selain enak, buah ini juga memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan ataupun kecantikan. Di bidang kecantikan, buah ini biasa digunakan untuk memutihkan kulit. Karena dalam buah tersebut terkandung vitamin A yang bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan asam amino glutamin yang dapat melindungi kulit dari polusi dan paparan sinar matahari.

Lalu, apa hubungan buah alpukat dengan ibu hamil? Apakah buah alpukat baik dikonsumsi oleh ibu hamil? Mari kita bahas! Buah alpukat kaya akan asam folat yang dibutuhkan selama perkembangan janin pada masa kehamilan. Asam folat sendiri berperan dalam membantu perkembangan otak dan tulang belakang janin.

Pada masa awal kehamilan, Anda membutuhkan asam folat dalam jumlah yang banyak. Untuk itu, mengkonsumsi buah alpukat merupakan salah satu cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan asam folat. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam buah tersebut juga bermanfaat untuk mengatasi mual muntah pada saat hamil.

2. Manfaat Buah Mangga bagi Ibu Hamil

Manfaat Buah Mangga bagi Ibu Hamil
Buah mangga termasuk buah yang baik dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena buah mangga memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Selain itu, buah mangga dapat dapat meperlancar penceranaan. Kandungan Vitamin A dan C dalam buah tersebut sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Buah mangga juga dapat mencegah dan mengatasi gejala morning sickness, dan kesulitan BAB yang biasa dialami wanita hamil.


3. Manfaat Anggur Bagi Ibu Hamil

Manfaat Anggur Bagi Ibu Hamil
Mungkin Anda termasuk ibu hamil yang lebih memilih untuk tidak mengkonsumsi buah anggur selama masa kehamilan. Padahal, anggur kaya akan Vitamin A yang dapat membantu menstabilkan tingkat metabolisme. Selain itu, buah anggur juga memiliki folat, kalium, fosfor, magnesium dan sodium yang baik selama kehamilan. Tidak ada alasan lagi untuk tidak mengkonsumsi buah ini selama masa kehamilan.

4. Manfaat Jeruk Untuk Ibu Hamil

Manfaat Jeruk Untuk Ibu Hamil
Manfaa buah jeruk untuk kehamilan hampir sama dengan buah mangga diantaranya yaitu dapat mengurangi mual, morning sickness dan masalah kesehatan yang biasa dialami selama kehamilan. Buah jeruk yang sarat dengan antioksidan yang baik untuk bayi.

5. Manfaat Lemon untuk Kehamilan

Manfaat Lemon untuk Kehamilan
Lemon adalah salah satu jenis buah jeruk yag juga bermanfaat bagi kehamilan. Bagi beberapa orang, buah ini biasa digunakan untuk program diet.

Tak hanya itu, buah yang memiliki cukup tinggi kandungan vitamin C ini, sering dijadikan obat herbal asam urat dan reumatik.

Sedangkan bagi ibu hamil, lemon sering digunakan oleh perempuan untuk membantu pencernaan, menyingkirkan mual dan sakit pagi selama kehamilan. Selain itu, lemon dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

6. Mengatasi Sembelit Saat Hamil dengan Pisang

Mengatasi Sembelit Saat Hamil dengan Pisang
Wanita hamil biasanya akan mengalami sembelit. Karena sembelit merupakan salah satu penyakit yang umum dialami saat kehamilan. Untuk mencegah dan mengatasinya, Anda dapat mengkonsumsi buah pisang.

7. Manfaat buah Beri untuk Kehamilan

Manfaat buah Beri untuk KehamilanBuah Berri (bluberry, blackberry, rasberry, strawberri) adalah buah super yang kaya antioksidan dan dianggap. Untuk itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini. Walaupun mungkin buah ini cukup untuk didapat.

8. Manfaat Buah Apel Bagi Ibu Hamil

Manfaat Buah Apel Bagi Ibu Hamil
Apel sangat sehat dan sarat dengan vitamin sehat yang baik untuk tubuh. Buah ini juga baik untuk ibu hamil, karena mengandung banyak vitamin dan anti oksidant. Selain dapat mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil, buah ini dapat menjaga berat badan agar tetap terkontrol. Jadi, dengan mengkonsumsi buah apel anda bisa memenuhi asupan gizi sambil menjalani diet sehat.

9. Leci 


Leci
Leci adalah buah musim panas yang aman dikonsumsi selama kehamilan. Karena buah ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan.


10. Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil
Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil
Buah naga baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena buah ini mengandung nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Selain itu, buah ini juga dapat menjaga kesehatan organ pencernaan, mengatasi mual muntah dan meningkatkan sistem imunitas tubuh ibu hamil.


Demikian informasi tentang 10 buah yang baik dikonsumsi ibu hamil. Semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda. Terimakasih.
Sumber : http://www.boldsky.com/pregnancy-parenting/prenatal/2013/ten-fruits-to-eat-pregnancy-032897.html
loading...

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments