-->

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur

Penyebab dan cara mengatasi haid tidak teratur, adalah hal yang selalu ingin diketahui oleh banyak perempuan.

Bagi para wanita mendapatkan menstruasi yang teratur adalah hal yang melegakan karena tidak ada kesehatan yang terganggu.

Namun tidak sedikit wanita yang merasa khawatir dan sering sekali mengalami menstruasi yang tidak teratur.

Kebanyakan wantia menandai menstruasinya lancar atau tidak berdasarkan tanggal pada tiap bulan. Tidak lancarnya mesntruasi juga bisa jadi pertanda yang tidak baik bagi kesehatannya.

Biasanya penyebab menstruasi yang tidak teratur dikarenakan beberapa hal seperti faktor psikologis atau juga bisa karena hal yang buruk sekalipun seperti adanya suatu penyakit.


Penyebab Haid Tidak Teratur

Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa siklus menstruasi tidak lancar :

1. Diet Ketat
Biasanya banyak wanita yang ingin badannya terlihat lebih ideal dan juga bagus, dan tidak sedikit juga wanita yang seperti itu melakukan diet yang ketat.

Melakukan diet yang berlebihan bisa membuat menstruasi tidak lancar dikarenakan banyaknya kehilangan asupan sumber gizi dan nutrisi dari makanan yang seharusnya dikonsumsi oleh tubuh.


2. Penurunan Berat Badan
Adanya penurunan berat badan atau juga peningkatan berat badan yang tiba – tiba juga bisa membuat menstruasi datang dengan tidak teratur.

Hal ini disebabkan oleh hormon estrogen dan progesterone yang melepaskan suatu hormon ketika seorang wanita seharusnya mengalami menstruasi seperti waktu yang telah diperhitungkan.


3. Stress
Seperti yang sudah ditulis diatas, gangguan psikologis juga bisa mengganggu datangnya menstruasi. Stress adalah salah satu gangguan psikologis yang bisa disebutkan.

Jika seorang wanita merasakan stress maka pekerjaan hormon dalam tubuh menjadi tidak sempurna akhirnya menstruasi tidak bisa datang dengan sempurna.


4. Terlalu Lelah
Jangan terlalu lelah, kelelahan pada tubuh atau pada fisik seorang wanita juga bisa mempengaruhi telatnya menstruasi.

5. Ketidakstabilan Hormon
Hormon yang tidak pasti naik turunya juga akan membuat jaringan disaluran indung telur untuk melepaskan telur menjadi lebih terlambat, akhirnya akan mengalami keterlambatan menstruasi.

Jika anda seorang wanita yang sering sekali mendapatkan menstruasi yang datang terlambat, jangan anggap hal itu sepele.

Tidak sedikit wanita yang mendapatkan penyakit berbahaya dengan diawali dengan telatnya menstruasi yang terus menerus.

Jika anda sudah sering terlambat menstrurasi, segera saja lakukan tindakan pengobatan atau periksakan ke dokter yang lebih ahli.


Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur

Berikut ini adalah hal yang bisa dilakukan untuk mengobati menstruasi yang sering datang terlambat :
1. Olahraga
Olahraga adalah hal yang bisa dilakukan untuk membuat seorang wanita mengalami menstruasi yang lancar.

Olahraga sendiri tidak hanya bermanfaat untuk melancarkan menstruasi tetapi juga menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit lainnya.

Menjelang menstruasi lakukanlah olahraga yang ringan seperti jogging kecil – kecilan, jalan kaki, atau bisa juga dengan melakukan yoga.


2. Istirahat yang Cukup
Jangan sampai merasa kelelahan, berikan tubuh anda istirahat yang cukup. Tubuh seseorang butuh waktu isirahat paling tidak selama 8 jam waktu tidur dalam satu hari.

Jangan terlalu memforsis tubuh anda dengan kegiatan yang sangat banyak, karena akan memicu datangnya stress.


3. Pola Makan Sehat
Upayakan memberikan pola makan yang sehat untuk tubuh anda. Perhatikan apa yang akan anda makan, karena apa yang anda makan berpengaruh besar untuk kelancaran menstruasi anda.

Banyak – banyak mengkonsumsi buah dan sayuran sangat baik untuk membantu kelancaran menstruasi dan juga kesehatan tubuh.

Konsumsi sayur hijau yang banyak mengandung zat besi serta serat yang tinggi. Kacang – kacangan, daging merah, adalah makanan yang mengandung banyak zat besi.


4. Mengkonsumsi Jamu Tradisional
Beberapa orang percaya bahwa mengkonsumsi jamu tradisional bisa melancarkan menstruasi.


5. Jus Labu
Jus labu juga bisa membantu untuk melancarkan menstruasi. Anda bisa menambahkan madu pada jus labu yang sudah anda buat karena jus labu tanpa madu rasanya sangat pahit.


6. Jus Pepaya
Konsumsi jus pepaya adalah cara murah untuk melancarkan menstruasi seorang perempuan.


7. Jus Lidah Buaya
Lidah buaya bukan hanya dapat menyuburkan dan menyehatkan rambut, tetapi juga bisa memberikan manfaat yang lainnya.

Taukah anda bahwa jus lidah buaya juga bisa membuat menstruasi menjadi lancar. Bukan hanya untuk rambut, dan juga menstruasi menjadi lancar. Jus lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghaluskan kulit.


8. Air Rendaman Biji Wijen
Biji wijen bukan hanya digunakan pada onde – onde tapi juga bisa melancarkan menstruasi yang datang. Cara untuk membuatnya juga sangat mudah hanya dengan mengamil satu genggam biji wijen.

Langkah selanjutnya, rendamlah biji wijen ke dalam air panas secukupnya. Keesokan harinya minum air yang sudah direndam dengan wijen.


Perhatikan siklus menstruasi anda, karena menstruasi yang tidak teratur dapat menilmbulkan beberapa penyakit berbahaya bagi rahim.

Untuk itu, mengetahui informasi tentang penyebab dan cara mengatasi haid yang tidak teratur merupakan suatu keharusan bagi kaum wanita.
loading...

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments