30 Kasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan, No.5 Belum diketahui banyak orang!

30 Kasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan, No.5 Belum diketahui banyak orang!

Kasiat daun sirsak untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi. Terdapat banyak obat herbal berbahan daun sirsak yang beredar di pasaran. Ini menunjukan bahwa daun sirsak memang kaya akan manfaat.

Sirsak adalah tumbuhan yang dapat dengan mudah di daerah beriklim topis, salah satunya di Indonesia.

Daun sirsak sendiri termasuk kedalam kelompok tanaman herbal yang kaya akan manfaat. Di beberapa daerah di Indonesia, buah sirsak sendiri mempunya nama lain seperti manalika, nangka walanda dsb.

Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah tersebut banyak mengandung karbohidrat terutama fruktosa. Selain itu, buah sirsak juga mengandung cukup banyak vitamin C, vitamin B1 dan B2.

Akan tetapi, perlu anda ketahui bahwa biji buah sirsak mengandung racun dan bisa digunakan sebagai insektisida alami (sumber : wikipedia).

Sirsak merupakan tanaman yang berasal dari daerah Karibia, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Namun seiring dengan berjalannya waktu, jenis tanaman ini pun mulai menyebar ke seluruh plosok dunia, salah satunya Indonesia.

Bicara soal daun sirsak, dalam artikel ini kami akan menyajikan info menarik seputar khasiat daun sirsak bagi kesehatan dan kecantikan. Untuk lebih lengkapnya, yuk kita lanjut baca!

Kandungan Nutrisi Daun dan Buah Sirsak

Daun sirsak mengandung beberapa senyawa seperti acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin, yang dapat menjaga kesehatan melalui peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa kandungan dalam buah sirsak yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita :

1. Air
Buah sirsak dapat mencegah dehidrasi, karena dalam 1 cangkir buah sirsak matang, terkandung 183gr air. Biasanya setiap orang memerlukan 8-9 gelas air per harinya, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kita juga bisa mengkonsumsi buah-buahan dengan kadar air tinggi dan salah satunya buah sirsak.

2. Vitamin C
Rata-rata setiap orang membutuhkan asupan vitamin C 60 mg, atau 90 mg untuk laki-laki dan 75 mg untuk kaum perempuan.

Maka dengan mengkonsumsi 300 gram buah sirsak, kita sudah bisa memenuh kebutuhan vitamin C setiap harinya. Karena dalam 100 gram daging buah sirsak terkandung sekitar 20 mg vitamin C.

3. Kalium
Dalam buah sirsak juga mengandung kalium yang bermanfaat bagi tubuh diantaranya yaitu dapat mencegah stroke, mencegah gangguan pada otot, menjaga kadar gula darah dalam keadaan normal, menjaga fungsi otak dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Serat
Tahukah anda, buah sirsak ini mengandung banyak serat yang tentu saja dapat bermanfaat bagi tubuh kita, salah satunya yaitu dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh, menjaga kesetabilan kdar kolesterol tubuh, dapat mengontrol nafsu makan serta mengontrol berat badan.

5. Fosfor dan kalsium
Dalam 100 gram daging buah sirsak juga terkandung fosfor sebanyak 27 mg dan 14 mg kalsium. Dimana keduanya sangat diperlukan oleh tubuh, untuk mencegah terjadinya osteoporosis melalui pembentukan tulang yang sehat dan kuat.

6. Lemak
Buah sirsak mengandung sedikit lemak, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah sirsak juga mengandung asam organik non volatil, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat (yang membuat buah tersebut memiliki rasa asam).

7. Karbohidrat
Seperti yang telah kita ketahui, bahwa sumber utama energi tubuh adalah karbohidrat. Sedangkan dalam satu cankir buah sirsak terkandung -+38 gr karbohidrat.

Dalam satu hari tubuh manusia memerlukan sekitar 225 hingga 325 gr karbohidrat / hari. Perlu anda ketahui bahwa karbohidrat yang berasal dari buah-buhan jauh lebih sehat ketimbang yang berasal dari jenis makanan lainnya yang tentu saja dapat menaikan kadar gula dalam darah.

Khasiat daun sirsak memang sudah tidak diragukan lagi, banyak penelitian yang sudah dilakukan terhadap tanaman ini, yang salah satunya dilakukan di negeri ginseng korea.

Dari penelitian tersebut, menyimpulkan bahwa salah satu manfaat daun sirsak yaitu dapat mencegah dan mengobati berbagai penyakit kanker. Senyawa kimia bernama acetogenins yang terkandung dalam daun sirsak berperan selektif dalam membunuh sel kanker dan 10.000 kali lebih kuat dari kemoterapi.

Dahsyat sekali bukan? Sebenarnya hasil penelitian tersebut sudah ada dan disimpan selama betahun-tahun, namun entah mengapa, tidak banyak yang mengetahuinya. Seandainya semua orang mengetahui informasi penting ini, mungkin akan ada banyak penderita kanker yang bisa tertolong tanpa harus selalu dengan melakukan operasi. (sumber:id.wikipedia.org/wiki/Sirsak).


Kasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun sirsak yang menarik untuk kita simak :


1. Kasiat Daun Sirsak Untuk Asam Urat

Bagi anda penderita penyakit asam urat anda bisa mencoba mengobati asam urat anda dengan daun sirsak yaitu dengan mengkonsumsi ramuan air rebusan daun sirsak secara rutin.

Daun sirsak dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat kembali ke nilai normal asam urat. Inilah alasan mengapa daun sirsak sering dijadikan bahan obat herbal asam urat.


2. Kasiat Daun Sirsak untuk Diabetes

Tahukah anda, diabetes termasuk kedalam salah satu jenis penyakit mematikan yang paling banyak diderita oleh orang indonesia.

Banyak orang yang melakukan berbagai macam pengobatan untuk menyembuhkannya, mulai dari metode pengobatan tradisional hingga dengan operasi yang berujung amputasi, hiii ngeri juga ya!

Namun, siapa sangka, ternyata sebagai penderita diabetes, anda juga bisa mencoba mengobati diabetes dengan menggunakan daun sirsak.

Yap betul sekali, hal tersebut bisa terjadi, karena daun sirsak dapat mengontrol kadar gula darah. Sudah banyak yang membuktikan dan terbantu untuk sembuh dari penyakit mematik tersebut. Namun karena tergolong metode tradisional, untuk melihat hasilnya, diperlukan kesabaran.


3. Kasiat Daun Sirsak untuk Kista ovarium

Acetogenins pada daun sirsak tidak hanya berkhasiat untuk mengobati penyakit kanker, namun juga ternyata juga bisa mengobati penyakit kewanitaan seperti kista ovarium. Caranya tidak beda jauh dengan cara-cara yang sudah dijelaskan diatas.


4. Kasiat Daun Sirsak untuk Wasir / ambien

Kandungan acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin pada daun sirsak berperan untuk meningkatan sistem kekebalan dan menjaga kesehatan tubuh termasuk untuk mengobati ambien atau wasir.


5. Kasiat Daun Sirsak untuk Diet

Tahukah anda, air rebusan/ teh daun sirsak dapat membantu anda yang sedang menjalankan program diet. Karena dengan mengkonsumsi daun sirsak, rasa lapar anda dapat berkurang.

Pada hari ke-1 mengkonsumsi air rebusan daun sirsak, tubuh anda akan mudah merasa haus dan lapar, namun penyakit seperti pegal-pegal, mudah lelah jadi hilang. Pada hari ke-2, rasa lapar itu akan kembali normal bahkan berkurang.

Sedangkan pada hari-hari selanjutnya, walaupun anda merasa lapar, namun nafsu makan anda akan sedikit berkuang.

(Sumber:http://www.sehatsetiaphari.com/menghilangkan-rasa-lapar-dengan-air-rebusan-daun-sirsak.html )


6. Kasiat Daun Sirsak untuk Kolesterol

Kolesterol itu penting bagi tubuh, selama dalam kadar normal, namun jika berlebih justru malah akan memicu timbulnya penyakit berat seperti diabates dsb.

Nah, bagi anda yang menderita penyakit yang diakibatkan oleh kelebihan kolesterol (diabetes), anda bisa mencoba membiasakan diri untuk mengkonsumsi teh daun sirsak secara rutin.


7. Kasiat Daun Sirsak untuk Kanker

Terkini menyebutkan bahwa daun sirsak mengandung senyawa-senyawa yang memiliki daya ampuh 10 ribu kali lipat lebih baik dibanding kemoterapi dalam penanganan penyakit kanker, senyawa tersebut adalah acetogenins, annocatacin, annocatalin, asam gentisit, asam lonoleat dan caclourin.

Berdasarkan penelitian, senyawa-senyawa tersebut adalah senyawa penting yang biasa digunakan dalam dunia medis sebagai obat berbagai macam penyakit terutama penyakit kanker seperti, kanker payudara, prostat, pankreas, dan paru-paru dsb.


8. Kasiat Daun Sirsak untuk Penyakit Liver

Penggunaan daun sirsak juga baik untuk mengobati penyakit liver, usahakan pada siang hari hanya meminum air daun sirsak.

Karena daun sirsak mengandung senyawa acetogenins yang berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur, efektif melawan berbagai jenis parasit atau cacing penyebab liver.


9. Kasiat Daun Sirsak untuk Ashma

Bagi anda yang menderita penyakit asma atau sesak nafas, anda bisa mencoba untuk rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirsak setiap pagi hari, atau bisa juga 2 kali sehari yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Lakukan langkah ini hingga ashma anda benar-benar sembuh.


10. Kasiat Daun Sirsak untuk Mengatasi Bisulan

Bisulah merupakan salah satu jenis gangguan kulit yang berbentuk benjolan, pada kasus yang lebih buruk, bisulan ini juga bisa mengeluarkan cairan berupa nanah.

Selain itu bisulan juga dapat menganggu aktivitas sehari-sehari anda, karena rasanya yang sakit. Nah, untuk mengatasi bisulan, kita bisa menggunakan daun sirsak, caranya mudah :
  • Ambil 7-10 lembar daun sirsak (atau secukupnya)
  • Cuci bersih, kemudian tumbuk hingga halus
  • Bersihkan are kulit yang ada bisulnya dengan air hangat
  • Setelah itu tempelkan daun sirsak yang sudah ditumbuk tadi pada bagain kulit yang ada bisulnya. Tunggu hingga mengering, lalu bersihkan dengan air.


11. Kasiat Daun Sirsak untuk Rematik

Manfaat daun sirsak lainnya yaitu dapat mengobati rematik. Caranya sama saja dengan cara pengbatan penyakit lain yang sudah dijelaskan diatas, yaitu dengan cara rutin mengkonsumsi teh daun sirsak 2 kali sehari hingga rematik benar-benar sembuh.


12. Kasiat Daun Sirsak untuk Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Mengkonsumsi air rebusan daun sirsak juga dapat meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh manusia.

Dengan demikian tubuh kita menjadi lebih tahan terhadap berbagai penyakit, apalagi penyakit yang disebabkan oleh virus.


13. Kasiat Air Rebusan Daun Sirsak untuk Mengobati Sakit Pinggang

Membiasakan diri untuk selalu rutin minum teh daun sirsak, juga dapat membantu kita untuk terhindar dari sakit pinggang. Hal tersebut sudah dipercaya secara turun temurun, terutama oleh kalangan masyarakat yang hidup di lingkungan pedesan.


14. Kasiat Daun Sirsak untuk Mengobati Sakit Kandung Kemih

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa daun sirsak mengandung beberapa senyawa anti bakteri.
Senyawa anti bakteri yang terkandung dalam daun sirsak tersebut juga mampu menjaga kesehatan kandung kemih jika kita konsumsi secara rutin misal 2 kali sehari atau 1 kali sehari.


15. Kasiat Daun Sirsak untuk Mengobati diare Pada Bayi

Bagi anda para orangtua, terutama yang pertama kali menjadi orangtua, pasti akan merasa sangat cemas ketika buah hati anda mengalami diare. Namun ternyata anda tidak perlu terlalu cemas, anda bisa mencoba cara alternatif beriktu ini :
Ambil buah sirsak matang secukupnya
  • kemudian ambil dagingnya lalu peras
  • berikan bayi anda air perasan daun sirsak tersebut sebanyak 2-3 sendok makan


Kasiat Daun Sirsak untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan tubuh, daun sirsak juga dapat bermanfaat untuk kecantikan, berikut informasi selengkapnya :
'

16. Menjaga Kekencangan kulit

Percaya atau tidak, rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirsak juga dapat merawat dan menjaga kekecandangan kulit anda dan mencegah penuaan dini.


17. Menghilangkan Jerawat

Beberapa minggu lalu saya sudah menulis postingan tentang cara mengobati jerawat secara alami. Cara lain untuk mengobati jerawat yaitu dengan menggunakan daun sirsak. Caranya sama dengan cara untuk mengobati bisulan.


Kasiat daun sirsak lainnya:
  • Membantu merileksasi otot.
  • Menghambat pertumbuhan tumor.
  • Menghambat mutasi gen.
  • Menghambat proses pertumbuhan bakteri jahat.
  • Mengurangi stres.
  • Menguatkan saraf.
  • Menyehatkan jantung.
  • Meredakan rasa nyeri.
  • Dapat dijadikan sebagai obat anti kejang.
  • Membantu melebarkan pembuluh darah.
  • Menurunkan demam.
  • Mampu menekan peradangan.
  • Meningkatkan produksi asi pada ibu hamil menyusui.

Cara Membuat Air Rebusan Daun Sirsak

Untuk membuat teh daun sirsak, caranya cukup mudah. Mungkin yang membuat sulit itu bahannya, karena jaman sekarang ini daun sirsak semakin sulit untuk didapat. Berikut cara membuat air rebusan daun sirsak :
  • Ambil 10-15 lembar daun sirsak yang sudah tua / berwarna hijau tua
  • Iris-iris daun sirsak tersebut menjadi beberapa bagian kecil / atau bisa juga diulek
  • kemudian rebus daun tersebut dalam dua gelas air
  • tunggu hingga airnya mendidih dan hanya tersisa satu gelas
  • setelah itu, anda minum rambuan tersebut sebanyak dua kali sehari (pagi dan malam hari)

Demikian artikel tentang kasiat daun sirsak untuk kesehatan yang mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda khususnya pembaca. Jika ada kekeliruan atau kekurangan informasi, silahkan sampaikan melalui kolom komentar dibawah, terimakasih.

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments