Manfaat Omega 3, 6, dan 9 Bagi Kesehatan, Tapi Ingat Jangan dikonsumsi Berlebihan Kalau Tidak Ingin Begini...

Manfaat Omega 3, 6, dan 9 Bagi Kesehatan, Tapi Ingat Jangan dikonsumsi Berlebihan Kalau Tidak Ingin Begini...

Manfaat Omega 3 6 dan 9 untuk Kesehatan – Vitamin yang biasanya banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia tentu banyak sekali jenisnya.

Tetapi, apakah Anda mengetahui bahwa asam lemak Omega 3,6, dan 9 menjadi salah satu yang sangat penting untuk dikonsumsi oleh seseorang?

Tubuh seseorang memerlukan banyak vitamin yang berfungsi untuk memenuhi nutrisi sehari-hari di dalam menunjang segala aktifitas.

Nutrisi dan vitamin sendiri bisa didapatkan melalui konsumsi sayur dan buah-buahan yang cukup, tetapi bukan hanya dari buah dan sayur saja. Vitamin dan nutrisi  juga bisa dihasilkan sendiri dari tubuh oleh bantuan Omega-3, Omega-6, dan Omega-9.

Asam lemak omega 3, dan 6 mempunyai tingkatan yang setara, serta mempunyai fungsi yang saling berhubungan.

Kedua nutrisi ini dapat membantu tubuh untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, kuku, hormon, dan menangkal terjadinya kerusakan sel pada seseorang yang mengidap kanker.

Tubuh akan mendapatkan manfaat yang sangat positif dari nutrisi tersebut, jika jumlah atau rasionya didapatkan secara seimbang.

Asam lemak omega-3 sebenarnya merupakan jenis lemak yang tidak jenuh ganda, dan tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Jadi ternyata, Omega-3 sering dianggap penting yang berperan sebagai asam lemak esensial.

Omega-3 sendiri bisa terbentuk dari asam lemak seperti DHA (Docosahexaenoic Acid), ALA (A-linolenat), dan EPA (Eicosapentaenoic Acid).

Bila Anda rajin mengkonsumsi Omega-3 setiap hari dengan dosis yang tepat, maka banyak manfaat yang bisa Anda peroleh.

Mulai dari perkembangan otak, mencegah penyakit jantung, menurunkan kolesterol tinggi, kesehatan mata, dan mengurangi depresi. Omega-3 juga sangat berguna untuk ibu hamil, pasalnya Omega-3 dapat membuat bayi terlahir lebih cerdas dan sehat, dan meningkatkan kualitas ASI.

Artikel yang sayang untuk Anda Lewatkan :
  • 6 Manfaat Masker Putih Telur Untuk Kecantikan Wajah
  • Resep dan Cara Membuat Masker Putih Telur Paling Lengkap!
  • Inilah 7 Manfaat Jus Wortel untuk Kecantikan, Wanita Harus Tau Ini...
  • 11 Manfaat Lemon untuk Merawat dan Memutihkan Kulit
  • 30 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan
  • Manfaat Jengkol dan Petai Bagi Kesehatan


Jenis-Jenis Omega

Disini kita akan mengenai sumber, dan jenis dari Omega-3, Omega-6, dan Omega-9 dengan benar, karena disertai dengan penjabaran yang lengkap.


1. Asam Lemak Omega-3

Adalah jenis lemak tak jenuh, dan tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Orang harus mendapatkan Omega-3 dari makanan seperti ikan, minyak nabati, minyak bunga matahari, dan minyak canola.

Jenis asam lemak Omega-3 juga dibedakan menjadi beberapa, yakni:
  • ALA – ALA atau alfa-linelenat, yaitu karbon 18-rantai cis serta 3 ikatan ganda. Ikatan dalam rangkap pertama berada pada posisi-3 n atau pada akhir omega asam lemak. Dengan seperti itu, maka ALA dianggap sebagai asam n-3, yaitu lemak tak jenuh ganda.
  • EPA – EPA (Eicosapentaenoic acid) berisi rantai 20-karbon serta lima cis ikatan ganda, ikatan rangkap yang pertama terletak pada karbon ke-3 dari ujung omega. Dengan demikian, EPA juga merupakan asam lemak Omega-3.
  • DHA – DHA (Docosahexaeonic acid) adalah rantai 22-Karbon dengan 6 CIS ikatan ganda, ikatan rangkap dalam pertama yang terletak pada karbon ke-3 dari ujung omega asam lemak. Maka dari itu, DHA juga dikategorikan sebagai asam lemak Omega-3.


2. Asam Lemak Omega-6

Merupakan jenis lemak tak jenuh ganda, sangat penting untuk kesehatan manusia. Tidak berbeda jauh dengan Omega-3 karena memiliki fungsi dan nutrisi yang sama didalam kandungannya. Berikut jenis Omega-6 asam lemak yang harus Anda ketahui dengan jelas.
  • LA – LA atau yang sering disebut dengan Asam Linoleat, adalah asam Omega-6 lemak tak jenuh. Secara kimiawi, itu adalah rantai 18-Karbon. Memiliki ikatan rangkap pertama yang terletak pada karbon ke-6 dari ujung omega asam lemak, dan mengklasifikasikan sebagai Omega-6.
  • GLA – GLA atau yang sering disebut dengan Gamma-Linoleat juga merupakan kategori Asam Omega-6 lemak tak jenuh. Itu adalah rantai 18-Karbon. Tetapi sedikit berbeda dengan LA, karena ditemukan didalam sumber makanan yang berbeda.
  • AA – AA atau yang sering disebut dengan Asam Arakidonat, adalah rantai 20-Karbon (Belum ada klarifikasi secara jelas).


3. Asam Lemak Omega-9

Berasal dari keluarga lemak tak jenuh yang pada umumnya ditemukan pada sayuran dan lemak hewani. Omega-9 merupakan lemak tak jenuh tunggal, yang sering digambarkan sebagai Omega-9 karena memiliki ikatan rangkap dan berada pada posisi ke-9 dari ujung Omega.

Berikut beberapa jenis asam Lemak Omega-9
Asam Oleat – Merupakan komponen utama dari minyak zaitun, minyak bunga matahari, dan minyak canola, dan lemak tak jenuh tunggal lainnya. Banyak yang digunakan untuk solusi mengurangi lemak jahat yang terdapat pada minyak goreng.


Manfaat Omega 3 6 dan 9 untuk Kesehatan


1. Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan

Manfaat Omega 3 antara lain adalah, menurunkan resiko penyakit kronis seperti penyakit stroke, jantung, dan kanker. Serta dapat berperan untuk menurunkan LDL atau kolesterol yang dianggap buruk untuk kesehatan tubuh.

Asam lemak Omega-3 yang tidak seimbang bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Untuk itu perbanyak mengkonsumsi makanan yang memiliki Omega-3 tinggi.

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari Omega-3 adalah ALA – Diet tinggi dari ALA dapat membantu mengurangi penyakit jantung, karena mengurangi tingkat kolesterol dan tigliserida, serta meningkatkan elastisitas pembuluh darah.

National Insitutes of Health (NIH) juga telah melaporkan, bahwa mayoritas diet AS tidak lagi mengandung asam lemak Omega-3 dibutuhkan tubuh untuk keseluruhan kesehatan.

Sedangkan EPA dan DHA membantu otak dan pengembangan mata, serta mencegah penyakit jantung koroner, dan dapat dengan mudah membantu mencegah penyakit Alzheimer.

Sebuah Studi yang dilakukan selama 10 tahun berkata bahwa konsumsi DHA dan EPA dapat mengurangi resiko kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung.


Makanan Sumber Omega 3
Sumber dari Omega-3 bisa Anda dapatkan melalui beberapa makanan dan serat minyak seperti: ALA – Flaxseed, minyak kedelai, minyak kenari, dan minyak kanola.

Sedangkan untuk EPA dan DHA bisa Anda dapatkan dari ikan berlemak, seperti herring, salmon, makarel, ikan trout, dan ikan tuna.


2. Manfaat Omega-6 untuk Kesehatan

Manfaat Omega 6 diantaranya dapat menunjang keberhasilan seseorang saat menjalankan program diet.

Menurut 2010 Pedoman Diet untuk Amerika, seseorang direkomendasikan untuk mencukupi asupan harian Omega-6 0,7-1,6/hari. Tergantung pula pada usia dan jenis kelamin seseorang.

Manfaat lainnya yang didapatkan dari Omega-6 adalah membantu menghilangkan peradangan pada penyakit jantung koroner, arthritis, dan kanker.


Makanan Sumber Omega 6
Anda bisa mendapatkan Omega-6 dari beberapa sumber yang bisa Anda temui dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari seperti kedelai, bunga matahari, kacang tanah, dan jagung.

Untuk AA dan GLA, Anda bisa mendapatkannya dari mengkonsumsi minyak nabati, minyak bunga evening primrose, daging merah, unggas, dan telur.


3. Manfaat Omega-9 untuk Kesehatan

Manfaat omega 9 bagi kesehatan. Penelitian menunjukan bahwa manfaat yang didapatkan jika Anda secara rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung Omega-9 adalah menurunkan LDL Kolesterol (kolesterol buruk), karena Omega-9 dapat membantu menghilangkan plak di arteri, yang menjadi penyebab serangan jantung atau stroke.

US Food and Drug Administration juga menyarankan untuk terus mengkonsumsi Omega-9 dalam takaran yang pas setiap harinya.

Karena juga bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung koroner, sebab Omega-9 memiliki kandungan lemak tak jenuh.


Makanan Sumber Omega 9
Sumber dari Omega-9 bisa Anda dapatkan dari Minyak zaitun, minyak bunga matahari, dan minyak canola. Untuk buah-buahan, Anda bisa mendapatkannya dari buah alpukat.

Omega-9 juga banyak ditemukan dalam daging hewan seperti daging kambing, dan daging sapi. Tidak disarankan untuk mengkonsumsi daging kambing jika Anda memiliki penyakit hipertensi (darah tinggi).

Penting!
Walaupun banyak manfaat yang bisa didapat dari ketiga jenis asam lemak tak jenuh itu, kita tetap harus waspada! Karena efek buruk yang bisa timbul jika konsumsi Omega 3, 6, dan 9 dengan dosis berlebihan.

American Heart Association (AHA) telah merekomendasikan bahwa seseorang harus memenuhi 5-10 persen kalori harian dari asam lemak omega-6.

Kebutuhan omega-6 bagi orang dewasa sehat adalah 1-3 gram/hari. Bila berlebihan, Anda akan mengalami perdarahan dan stroke hemorrhagic.

Untuk itu, konsumsi dengan dosis tepat dan konsultasikan terlebih dulu dengan dokter. Ingat, segala sesuatu yang dilakukan dengan berlebihan akan membawa dampak buruk.


Sumber referensi:
http://www.kompasiana.com/
http://www.amazine.co/

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments