-->

17 Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat yang Harus Anda Hindari!

17 Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat yang Harus Anda Hindari!

Pernakah anda berfikir, mengapa jerawat bisa muncul? Mungkin ya, mungkin tidak, karena kebanyakan orang hanya bisa membenci dan menyalahkan jerawat.

Mereka tak mau tahu alasan mengapa wajah mereka bisa berjerawat. Padahal menurut saya, penting sekali bagi kita untuk mengetahui apa saja hal yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Mengapa saya katakan penting? karena dengan mengetahui penyebabnya minimal kita akan tahu apa saja yang harus kita hindari agar terhindar dari jerawat.

Dengan kata lain, mengetahui faktor penyebab munculnya jerawat merupakan bentuk pencegahan awal terhadap jerawat, betul?

Ini 17 Kebiasaan Buruk Peyebab Munculnya Jerawat

Jika sahabat ingin terhindar dari jerawat, hindari beberapa kebiasaa buruk yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat berikut ini :

1. Penggunakan Alat Kosmetik yang Dapat Menyebabkan Iritasi
Jerawat bisa muncul akibat penggunaan perlengkapan make-up / kosmetik. Alat kosmetik dapat menimbulkan iritasi pada kulit karena didalamnya terkandung beberapa zat kimia yang memang belum tentu cocok untuk semua jenis kulit, bahan-bahan tersebut biasanya terkandung dalam produk kosmetik tabir surya atau sunscreen:
  • Lanolin, merupakan sebutan lain dari minyak yang baik untuk kulit, tapi tidak semua jenis kulit. Bahan tersebut tidak cocok untuk kulit berminyak, apalagi kulit yang sudah berjerawat, karena bisa memperparah jerawat di kulit anda.
  • Petroleum adalah jenis minyak yang sebenarnya tidak perlu digunakan untuk jenis kulit yang berminyak dan berjerawat.
  • Isopropyl Myristate yaitu suatu zat kimian yang dapat membuat kulit anda menjadi tidak berminyak, atau lebih tepatnya, mengurangi produksi minyak berlebih. Namun sayangnya, zat tersebut akan membuat pori-pori kulit tersumbat dan menyebabkan iritasi pada kulit.
  • Produk kosmetik yang mengandung parfum Produk kosmetik yang mengandung parfum buatan biasanya akan menyebabkan iritasi pada kulit, sehingga akan menyebabkan timbulnya komedo yang akhirnya menjadi jerawat.


2. Terlalu Sering Mencuci Muka
Mencuci kulit wajah memang baik, namun jika terlalu sering dilakukan, juga dapat berbahaya bagi kulit. Karena hal tersebut justru akan membuat produksi kelenjar minyak / sel sebum dalam kulit mengalami peningkatan.

Maka dari itu, anda cukup mencuci kulit wajah dua kali sehari yaitu di pagi dan malam hari sebelum anda tidur.

3. Terlalu Sering Menyentuh Kulit Wajah
Saat tangan anda menyentuh kulit wajah, mungkin saja pada saat itu tangan anda tidak dalam keadaan bersih. Akibatnya dapat menjadi media penyebaran kuman / bakteri yang dapat menjadi penyebab jerawat.

Maka dari itu, sebelum tangan anda menyentuh kulit wajah, pastikan terlebih dahulu bahwa tangan anda benar-benar bersih.

Terlebih lagi jika di wajah anda sudah ada jerawatnya, jika anda menyentuh jerawat tersebut, besar kemungkinan jerawatnya akan menyebar ke permukaan kulit wajah yang lainnya.

4. Mengalami Stres atau Tekanan Batin
Salah satu penyebab jerawat adalah karena kadar hormon stres dalam tubuh berlebih. Dalam keadaan stress, produksi hormon stress dalam tubuh akan meningkat.

Sehingga dapat menjadi pemicu munculnya jerawat. Maka dari itu penting sekali bagi anda untuk menghindari hal-hal yang dapat menjadi peyebab stres.

5. Malas membersihkan keringat
Salah satu kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan jerawat adalah karena anda malas membersihkan keringat, dan membiarkannya dalam waktu yang cukup lama bahkan sampai terbawa tidur.

Sedangkan dalam keringat, terkandung bakteri yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Jadi, saya sarankan, jangan pernah membiarkan keringat berlama-lama menempel dikulit anda, bersihkan segera agar anda terhindar dari si jerawat.

6. Malas Keramas
Malas keramas bisa menyebabkan jerawat lho! terlebih lagi jika kulit kepala anda memiliki minyak berlebih.

Minyak tersebut akan mengalir kewajah lalu bercampur dengan debu, kotoran ataupun bakteri, yang akhirnya menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit anda sehingga munculah jerawat.

7. Kurang Tidur atau Sering Begadang
Bagi anda yang biasa tidur terlalu malam, sebaiknya perhatikan nih info penting buat anda. Saat seseorang kurang tidur, maka ia akan mudah mengalami stres.

Nah, seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa salah satu faktor penyebab jerawat adalah stres. Selain itu, tidur terlalu malam juga dapat memperparah jerawat yang sudah ada sebelumnya.

Karena pada saat kurang istirahat, akan memaksa tubuh untuk memproduksi hormon insulin lebih banyak, sehingga jerawat dapat terbentuk dengan mudah.

Maka dari itu, cuckupilah waktu tidur anda. Karena saat anda tertidur, kulit akan melakukan regenerasi pada sel-sel kulit yang rusak, sehingga kondisi kulit anda dapat kembali normal.

9. Malas Mengganti Perlengkapan Pakaian dan Perlengkapan Tidur
Pakaian, sarung bantal, spai, handuk, jika tidak dicuci / diganti secara rutin sebenarnya mengandung banyak bakteri dan sel kulit mati yang jika kita gunakan secara terus menerus akan menyebabkan timbulnya penyakit kulit yang salah satunya adalah jerawat.

10. Mengeringkan Wajah Secara Berlebihan
Mengeringkan kurit secara berlebihan ternyata dapat membuat kulit anda mengalami iritasi. Sehingga kulit akan memproduksi minyak dalam jumlah cukup banyak dengan tujuan untuk menstabilkan keadaan kulit kedalam keadaan normal.

11. Menggunakan Produk Rambut
Menggunakan produk seperti minyak rambut, juga dapat menyebabkan jerawat. Karena pada biasanya produk rambut yang anda gunakan mengandung minyak, silikon, dan plasticizer yang dapat menyumbat pori-pori saat rambut bersentuhan dengan kulit Anda.

Namun, jika anda memilih potongan rambut berponi, sebaiknya anda tidak menggunakan produk rambut yang menggunakan bahan-bahan yang sudah disebutkan tadi.

12. Lupa Membersihkan Kulit Wajah dimalam Hari
Orang-orang yang terkena jerawat biasanya adalah mereka yang sering bermalas-malasan untuk mencuci muka.

Banyak wanita yang beraktivitas dengan selalu rutin menggunakan alat kosmetik seperti make-up. Tanpa mempeduli kebersihan kulit, salah satunya dengan lupa membersihkan kulit di malam hari.

Sehingga sisa-sisa make-up tadi dapat menyumbat pori-pori wajah dan mengambat proses peremajaan kulit.

13. Menggunakan Pakaian yang Ketat
Setiap -+ 40 menit, manusia kehilangan sekitar satu juta sel kulit mati. Nah, pada saat anda menggunakan pakaian yang super ketat.

Akibatnya sel kulit mati tersebut tidak akan terbuang sepenuhnya, melainkan akan menumpuk dan bercampur kembali dengan kotoran dan minyak yang pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat.

14. Pola Makanan yang Kurang Tepat
Mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh meningkat (seperti, gula, gorengan dsb.).

Selain dapat merusak tubuh juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Tapi jika anda memakannya hanya sesekali saja, tidak berbahaya.

15. Merokok
Suatu penelitian yang dilakukan di San Gallicano Dermatological Institute di Roma, mengidentifikasi jerawat non-inflamasi muncul di kalangan perokok.

Pra peneliti tersebut juga menemukan bahwa perokok yang berjerawat di masa remaja, empat kali lebih mungkin untuk terkena jerawat di usia dewasa dibandikan dengan yang tidak merokok.  Jadi jika anda ingin terhindar dari jerawat, kurangi bahkan hentikanlah kebiasaan merokok.


16. Penggunaan Alat Make-up yang Kotor
Bagi kaum wanita pasti sudah tahu bahwa dalam alat kosmetik kita pasti mengenal yang namanya kuas, spon bedak dsb. Kita juga harus memperhatikan kebersihan alat-alat tersebut.

Jangan sampai kita menggunakan kuas make-up / spon bedak yang kotor karena bisa menyebabkan jerawat. Bukannya cantik, malah muncul jerawat.

17. Berjemur di bahwa Sinar Matahari dalam Waktu yang Cukup Lama
Berjemur dibawah sinar matahari atau yang biasa dikenal dengan istilah tanning, memang baik dilakukan karena memiliki sinal UV yang bersifat sebagai anti bakterial.

Namun, jika dilakukan dalam waktu yang cukup lama, juga bisa menyebabkan kulit mengalami kekeringan, akibatnya kulit akan memproduksi minyak dalam jumlah yang banyak. Selain dapat menyebabkan jerawat, tanning juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker kulit.


Setelah kita mengetahui apa saja hal yang dapat memicu terjadinya jerawat, kita akan dapat dengan mudah menemukan solusi untuk menghilangkan jerawat.

Bagaimana caranya? ya tentu saja dengan menghindari semua hal yang dapat menjadi penyebab munculnya jerawat.

Nah, itulah beberapa kebiasaan buruk penyebab jerawat yang secara tidak sadar, kita lakuakn secara terus menerus.

Intinya, jika kita ingi terhindar dari penyakit kulit, kita harus pandai menjaga kebersihan kulit. Mungkin hanya itu yang dapat saya share, kurang dan lebihnya mohon dimaafkan. Semoga apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat.

sumber : http://www.beautiplan.com/article/read/9-kebiasaan-buruk-penyebab-munculnya-jerawat
image by : http://moneter.co/
loading...

Share this:

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments